Tuesday 18 May 2010

Manfaat Bersepeda

Manfaat Bersepeda untuk KesehatanPDFPrintE-mail
Written by Sudarianto
Saturday, 01 May 2010
 Setiap hari Minggu di Makassar dipadati masyarakat untuk mengikuti sepeda sehat, senam jantung sehat dan senam aerobik (terutama di Pantai Losari). Poros Jl. Penghibur ditutup, hanya diperuntukkan untuk pejalan kaki, lari2, dan naik sepeda. Kegiatan ini berlangsung rutin setiap hari minggu. Dan pesepeda ini senantiasa dipimpin oleh pejabat daerah, missal Gubernur Sulsel (Syahrul YL) dan Walikota Makassar (Ilham AS).
Selain senam, khusus pada hari minggu tersebut, disepanjang Jl. Penghibur (Pantai losari) dipenuhi oleh penjual kaki lima sementara (hanya untuk hari minggu). Segala kebutuhan bisa dicari-cari di sana. Pokoknya pantai losari pada hari minggu sangat padat, selesai senam, naik sepeda, singgah belanja-belanja.
Bersepeda secara rutin tidak akan membuat kita berpergian lebih cepat dari kendaraan bermotor atau mobil itulah anekdot dari bersepeda. Bersepeda akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga tubuh kita selalu dalam keadaan bugar.


 Dengan bersepeda tiap hari akan melatih nafas kita untuk bernafas lebih panjang di bandingkan dengan orang yang tidak bersepeda, bersepeda lebih efektif dibandingkan dengan senam aerobic dan lebih mengasyikkan.
Bersepeda merupakan salah satu bentuk olah raga yang paling efektif dan murah untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya. Sebagai contoh, bersepeda dan mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, untuk itulah kenapa bersepeda merupakan salah satu sarana untuk hidup sehat.
Hasil penelitian menyebutkan bersepeda dalam jarak yang pendek dan sering dilakukan akan mengurangi kematian kurang lebih 22%.
 Bersepeda dapat dijadikan salah satu program untuk mengurangi berat badan. Dengan bersepeda kita sama saja membakar energi kita yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi semisal coklat dan sedikit minuman beralkohol (sekitar 300 kalori).
Hanya dengan 15 menit bersepeda dari rumah ke kantor kita 5 – 6 kali dalam seminggu, kita telah berhasil mengurangi berat badan kita 11 pounds dalam satu tahun.
Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan.

No comments:

Post a Comment